Namaku Giandra Nitisara…

dan disini aku mencoba menceritakan kisah-kisah kemurahan Allah dalam kehidupanku

Periksa pertama dengan dr. Novi Gracia, SpOG

Hari ini sudah waktunya aku untuk periksa. Seperti janji Ayah, pagi tadi Ayah ngajak Ibu dan aku untuk periksa ke RS. Mitra Keluarga Cibubur dengan dr. Novi Gracia, SpOG. Karena Yangti (Eyang Putri) aku sudah 2 minggu ada di rumah, jadi periksa kali ini aku juga ditemani Yangti.

Jadwal praktik dr. Novi sebetulnya kalo Sabtu itu dari jam 8.30 sampe jam 14.00 (kalo mau tau jadwal praktik lengkapnya ada disini) tapi Ayah dan Ibu memilih untuk periksa sepagi mungkin. Kami sampe di RS. Mitra Keluarga Cibubur jam 8 tepat, jadinya bisa dapet nomor antrian ke-5. Tapi waktu itu dr. Novi sedang ada tindakan Sectio Caesaria (bedah sesar) dan kami diminta menunggu kurang lebih 1 jam. Karena Ayah mau Ibu melahirkan aku di rumah sakit ini, jadinya kami jalan-jalan dulu lihat-lihat rumah sakitnya.

Perjalanan pertama Ayah ngajak Ibu, Yangti dan aku untuk lihat cafetarianya yang ada di basement. Menurut Ayah tempat makan itu tempat paling penting untuk di survey. Hihihi… Setelah makan pagi baru kami lihat-lihat tempat lainnya, dan kesimpulannya rumah sakit yang baru beroperasi sekitar 1 tahun ini memang lebih bersih dan rapih dibanding RS. Mitra Keluarga Bekasi tempat aku periksa bulan lalu.

Setelah lebih dari 1 jam, akhirnya dr. Novi masuk ke ruangan 107 tempat beliau praktik. Kesan pertama Ayah dan Ibu waktu nunggu antrian sepertinya dr. Novi cukup sabar dan banyak memberi informasi karena yang konsultasi sebelumnya berada di ruangan itu masing-masing lebih dari 15 menit.

Setelah menunggu (lagi) sekitar 1 jam akhirnya giliran aku diperiksa. Hanya Ayah dan Ibu yang nemenin aku dan Yangti menunggu diluar. Waahh.. ternyata dr. Novi memang cantik lohh.. Gk salah kalo foto dr. Novi yang terpampang besar di situs RS. Mitra Keluarga Cibubur. Buat temen-temen atau Oom dan Tante yang penasaran, ini aku punya foto dr. Novi Gracia, SpOG.

dr. Novi Gracia, SpOG

SIP : 446.1/69.3/BPPT/IV/2011

Walau pagi tadi dr. Novi terlihat lelah setelah melakukan tindakan Sectio Caesaria, tapi benar saja, dr. Novi tetap ramah, sabar dan teliti waktu periksa Ibu dan aku. Jadinya Ayah juga seneng deh…

Waktu aku di USG, dr. Novi menjelaskan setiap bagian tubuh aku yang terlihat. Mulai dari kepala, perut, paha, bahkan dr. Novi juga tetap menunjukan jenis kelaminku walau Ayah dan Ibu sudah mengatakan dalam pemeriksaan sebelumnya sudah tau kalo aku perempuan.

Setelah USG, dr. Novi juga membuat catatan singkat hasil pemeriksaan USG yang di cetak khusus di kertas terpisah dari buku (ada tanda tangan dr. Novi loh disitu…) dan menjelaskannya pada kami. Isi catatannya seperti ini :

Tampak janin presentasi kepala tunggal hidup

Biometri janin:

BPD : 70 mm

AC : 238 mm

FL : 53 mm

Taksiran berat janin : 1270 gram

Denyut jantung janin : +

Jenis kelamin : perempuan

Plasenta : fundus

Indeks cairan ketuban : cukup

Tak tampak kelainan kongenital mayor

Kesan : Hamil sesuai 28 minggu. Tampak janin presentasi kepala tunggal hidup.

Ttd.

dr. NOVI GRACIA, SpOG

Wah..beratku ternyata naik hampir 2x lipat loh.. Bulan lalu beratku baru 667 gram dan sekarang beratku sudah 1270 gram. Kalo dibandingkan dengan tabel berat normal janin di tulisanku sebelumnya, untuk usia 28 minggu itu berat minimal janin adalah 1005 gram, berarti alhamdulilah beratku sudah 265 gram diatas berat minimal. Mungkin karena aku dan Ibu dalam sebulan ini lebih sering ngemil mash potato brokoli keju :D

Usia aku sudah 28 minggu, karenanya dr. Novi bilang kalo aku harus mulai diperiksakan setiap 2 minggu, tidak lagi per bulan seperti biasanya. Ibu juga harus periksa hematologi di laboratorium untuk periksa apakah ada kelainan atau tidak (kata dr. Novi seharusnya pada saat usia aku diatas 20 minggu Ibu sudah periksa darah, kok dokter yang lain gk pernah bilang ya? :( ).

Sebelum kami meninggalkan ruangan dr. Novi, dokter masih dengan ramah menanyakan apakah masih ada yang mau Ayah dan Ibu tanyakan lagi. Hmm… suatu saat kalo aku jadi dokter seperti dr. Novi aku mau sabar dan ramah seperti beliau ahh… Amin. ;)

Sepulang dari rumah sakit, Ayah langsung cari tabel biometri perkembangan janin lewat oom goggle untuk membandingkan dengan kondisi aku. Ini tabel yang Ayah dapetin :

Tabel Biometri Perkembangan Janin

Dengan gaya mengikuti catatan dari dr. Novi, Ayah membuat perbandingan seperti ini :

Usia janin 28 minggu.

BPD : 72 mm <– Gia : 70 mm

AC : 240 mm <– Gia : 238 mm

FL : 54 mm <– Gia : 53 mm

Kesan : Giandra sehat dan imut-imut kayak Ibu

Ayah bisa aja… :D

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 12 Mei 2012 by in Celoteh, Foto, Periksa dokter.

Kalender

Mei 2012
M S S R K J S
« Apr   Jul »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 2 pengikut lainnya.

Twitter Gia

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Facebook Gia

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: