Namaku Giandra Nitisara…

dan disini aku mencoba menceritakan kisah-kisah kemurahan Allah dalam kehidupanku

Hasil pemeriksaan darah Ibu

Dalam cerita aku sebelumnya, Ibu disuru dr. Novi Gracia, SpOG untuk pemeriksaan hematologi di laboratorium. Pemeriksaan hematologi itu maksudnya pemeriksaan terhadap darah, organ pembentuk darah dan penyakitnya. Dan pagi tadi Ibu dan aku diantar Ayah ke laboratorium RS. Mitra Keluarga Cibubur.

Pemeriksaan ibu hamil biasanya hanya sebagian dari hitung jenis sel darah lengkap (HDL atau complete blood cell count – CBC) yang terdiri dari beberapa pemeriksaan. Oya, nilai rujukan biasanya berbeda tergantung alat yang dipake dan juga kondisi yang diperiksa, kalo yang aku tulis ini kondisi Ibu yang sedang hamil lohh.. Kalo mau tau nilai rujukan normal bisa dibaca disini atau disini…😉

Hemoglobin atau yang biasa disebut HB adalah metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam eritrosit (sel darah merah), yang fungsinya sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Rasio normal jumlah hemoglobin dalam eritrosit atau nilai rujukannya adalah 11,7 – 15,5 g/dL  (grams per deciliter).

Leukosit atau sel darah putih (kalo bahasa Inggrisnya itu: white blood cell, WBC, leukocyte) adalah sel yang membentuk komponen darah dan berfungsi untuk membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh. Rasio normalnya adalah 5.000 – 10.000 /µl (per mikroliter).

Hematokrit adalah perbandingan bagian dari darah yang mengandung eritrosit terhadap volume seluruh darah atau perbandingan jumlah sel darah merah dalam seluruh volume darah yang dihitung dalam persen. Semakin rendah prosentase hematokrit berarti konsentrasi darah makin encer dan juga sebaliknya semakin tinggi prosentase hematrokit berarti konsentrasi darah semakin kental. Nilai rujukan untuk prosentase hematrokit ibu hamil adalah 33 – 45 %.

Trombosit atau keping / lempeng darah adalah komponen sel darah yang berfungsi utama dalam proses pembekuan darah dengan membentuk darah beku. Rasio keping darah normal berkisar antara 150.000 – 450.000 /µl, nilai dibawah rentang itu bisa menyebabkan pendarahan, sedangkan nilai di atas rentang yang sama dapat meningkatkan risiko trombosis.

Eritrosit atau sel darah merah (kalo bahasa Inggrisnya itu: red blood cell, RBC, erythrocyte) adalah jenis sel darah yang paling banyak. Rasio sel darah merah ini normalnya adalah 4.000.000 – 6.000.000 /µl.

Dari hasil pemeriksaan ternyata jumlah hemoglobin Ibu terlalu rendah (biasa juga disebut HB rendah) juga prosentase hematokritnya Ibu juga rendah. Ini nunjukin kalo Ibu terkena anemia. Apa itu Anemia? Anemia adalah keadaan saat jumlah sel darah merah (eritrosit) atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah berada di bawah normal sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah sesuai yang diperlukan tubuh. Gejalanya itu biasanya ngerasa cepat lelah, lemas, pucat, gelisah dan terkadang sesak. Penyebab anemia juga macem-macem, contohnya karena kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B12 (atau biasa disebut anemia pernisiosa), kekurangan asam folat, masih banyak lagi sih…

Nah.. untuk mendiagnosis apa sih penyebab anemia Ibu, makanya Ibu harus periksa nilai eritrosit rata-rata (Mean Corpuscular Values) atau disebut juga indeks eritrosit. Indeks atau nilai yang biasanya dipakai itu antara lain :

Mean Corpuscular Volume (MCV) atau  Volume Eritrosit Rata-rata (VER), yaitu volume rata-rata sebuah eritrosit disebut dengan fermatoliter/ rata-rata ukuran eritrosit. Rasio nilai rujukannya itu 82 – 92 fl.

Mean Corpuscular Hemoglobin (MCH) atau Hemoglobin Eritrosit Rata-Rata (HER), yaitu banyaknya hemoglobin per eritrosit disebut dengan pikogram. Rasio nilai normalnya adalah 27 – 31 pg.

Mean Corpuscular Hemoglobin Concentration (MCHC) atau Konsentrasi Hemoglobin Eritrosit Rata-rata (KHER), yaitu kadar hemoglobin yang didapat per eritrosit, dinyatakan dengan persen (%) (satuan yang lebih tepat adalah “gram hemoglobin per dL eritrosit”) dan rasio nilai rujukannya adalah 32 – 36 %.

Dan dari hasil pemeriksaan indeks eritrosit Ibu disimpulkan kalo Ibu kekurangan zat besi🙂

Selain pemeriksaan hematologi dan indeks eritrosit, Ibu juga diperiksa HBsAg atau hepatitis B surface antigen (antigen permukaan virus hepatitis B, merupakan material permukaan dari virus hepatitis B) yang berguna untuk diagnosa infeksi virus hepatitis B. Alhamdulilah, hasilnya Negative.

Tapii… yang tadi paling menyiksa itu, Ibu juga harus periksa kadar gula darah atau glukosa untuk diagnosa diabetes mellitus . Ini artinya Ibu dan aku diharuskan puasa antara 8 – 10 jam untuk pemeriksaan Glukosa Darah Puasa. Setelah diambil sample Ibu dan aku dikasi kupon untuk makan di cafeteria, yang ternyata hanya dikasi roti isi selai strawberi dan telur rebus dengan minuman teh manis (tidak boleh tambah makanan dan minuman lain!) dan dilanjut dengan kembali puasa 2 jam untuk pemeriksaan Glukosa Darah PP (postprandial atau bisa dibilang setelah makan)…

Aku kan belum kuat puasa lama-lama  😦

Tapi ya sudah lah.. yang terpenting, alhamdulilah hasil diagnosa menunjukan Ibu dan aku tidak terkena diabetes mellitus. Nilai rujukannya itu untuk Glukosa Darah Puasa adalah 80 – 100 mg/dl (miligram per deciliter) itu kondisinya Baik, kalo di rentang 100 – 125 mg/dl artinya Sedang dan kalo sudah apalagi lebih dari 126 mg/dl artinya Buruk. Sedangkan nilai rujukan untuk Glukosa Darah PP adalah 80 –  144 mg/dl artinya Baik, 145 – 179 mg/dl itu Sedang dan kondisi Buruk kalo sudah sampe apalagi lebih dari 180 mg/dl.

Setelah hasil pemeriksaan laboratorium selesai akhirnya Ayah ngajak Ibu dan Aku untuk makan di Rumah Makan Ampera di samping RS. Mitra Keluarga Cibubur. Cocok sekali berbuka puasa dengan menu masakan Sunda😀

Tinggal tunggu minggu depan untuk laporan hasil pemeriksaan Ibu sekaligus periksain aku ke dr. Novi Gracia, SpOG.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 18 Mei 2012 by in Celoteh.

Kalender

Mei 2012
M S S R K J S
« Apr   Jul »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 2 pengikut lainnya

Twitter Gia

Facebook Gia

%d blogger menyukai ini: